Tips Memilih Reksadana Investasi Jangka Pendek Bagi Pemula

Bagi pemula yang ingin memulai investasi bisa terlebih dahulu memilih jenis investasi yang mempunyai resiko yang rendah. Investasi jangka pendek seperti reksadana dapat menjadi pilihan yang terbaik bagi investor pemula karena mempunyai resiko yang relatif rendah dibandingkan produk investasi lainnya. Apabila tertarik untuk memilih berinvestasi ke reksadana, di bawah ini merupakan beberapa tips yang bisa digunakan memulai berinvestasi:

1. Mengenali profil resiko investasi

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk bisa berinvestasi reksadana yang tepat adalah dengan mengenali profil resiko investasi yang dipunyai terlebih dahulu. Profil resiko tersebut merupakan hal yang penting sehingga nantinya bisa memilih jenis investasi reksadana yang paling cocok. Sehingga ketika memilih investasi reksadana yang tepat, maka tidak mengalami stress karena sudah dipilih sesuai dengan profil resiko. Di mana bagi Anda yang mempunyai profil resiko yang rendah akan cocok memilih jenis produk reksadana untuk profil resiko tersebut. Adapun untuk profil resiko investasi reksadana terbagi menjadi tiga yaitu konservatif yang menginginkan keamanan investasi, moderat bagi yang mempunyai toleransi menengah sehingga siap untuk menanggung resiko tetapi juga menginginkan keamanan, dan agresif yang mempunyai profil resiko dengan toleransi yang tinggi terhadap resiko yang bisa terjadi pada investasi. Profil resiko agresif tersebut sudah siap untuk rugi dan juga untung ketika mengambil investasi.

2. Memilih jenis reksadana

Langkah selanjutnya bagi yang ingin memilih reksadana investasi jangka pendek reksadana adalah dengan memilih jenisnya. Seperti disebutkan di atas bahwa ada profil resiko yang bisa dikenali yang akan membantu untuk memilih jenis reksadana yang tepat. Pilihan produk reksadana yang bisa dipilih misalnya dari bank BCA yaitu ada reksadana pasar uang, reksadana terproteksi, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana saham, reksadana indeks obligasi, dan juga reksadana indeks saham. Berbagai pilihan jenis produk tersebut tersedia di bank BCA yang bisa dipilih oleh nasabah sesuai dengan profil resiko, modal yang disiapkan, serta tujuan investasi yang dipunyai.

3. Menyesuaikan dengan tujuan

Tips selanjutnya untuk memulai belajar dan memilih produk reksadana yang tepat untuk investor pemula adalah dengan memperhatikan tujuan yang dipunyai. Jenis investasi reksadana ini cocok untuk tujuan pendek yang bisa memberikan keuntungan dalam waktu yang singkat. Selain itu jenis reksadana juga mempunyai besar keuntungan yang berbeda tergantung dari jenis yang dipilih. Oleh karena itulah hal tersebut juga bisa menjadi pertimbangan untuk Anda memilih produk reksadana yang menyesuaikannya dengan tujuan yang dipunyai.

4. Memilih manajer investasi terbaik

Bagi investor pemula bisa untuk memperhatikan mengenai manajer investasi yang akan bisa menentukan mengenai pengelolaan dana investasi yang diberikan. Pemilihan MI tersebut harus dilakukan dengan baik tepat, sehingga membantu untuk mendapatkan manfaat pengelolaan dana secara profesional. Pemilihan MI terbaik tersebut bisa didapatkan dengan menggunakan produk reksadana yang ada di bank BCA. Nasabah bank ini bisa mendapatkan keunggulan dengan pengelolaan reksadana secara profesional karena mempunyai MI profesional dan juga sudah berpengalaman dalam investasi reksadana. Memilih Manajer Investasi terbaik tersebut bisa didapatkan dengan melihat portofolio dan pengalaman yang dipunyai oleh, sehingga membantu mendapatkan MI terbaik.

5. Sesuaikan dengan dana investasi yang disiapkan

Tips terakhir untuk bisa memulai investasi reksadana adalah dengan menyesuaikan dana investasi yang Anda punyai dengan jenis yang tepat. Seperti telah disebutkan bahwa ada banyak sekali pilihan jenis produk reksadana. Pemilihan tersebut juga bisa disesuaikan dengan dana investasi yang disiapkan untuk memulai investasi. Sebagai investor pemula yang ingin memulai investasi reksadana bisa untuk memiliki keunggulan dengan minimal dana yang disetorkan untuk banyak produk instrumen reksadana sangat terjangkau, yaitu untuk banyak instrumen reksadana di BCA misalnya mulai dari 100 ribuan saja.

Dengan memperhatikan hal di atas bisa menjadi tips terbaik yang digunakan untuk memulai investasi jangka pendek. Sehingga dengan menerapkan pemilihan tersebut bisa digunakan untuk membantu mendapatkan produk reksadana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan dengan resiko dan keuntungan yang bisa didapatkan. Reksadana sendiri bisa menjadi pilihan terbaik bagi investor pemula untuk berlatih investasi yang bisa mendapatkan keuntungan cepat dan relatif aman.

Tinggalkan komentar