Sekilas Menengok  Keseruan Event  Gelar Melayu Serumpun

Makan durian dan bolu Meranti bukanlah satu-satunya hal yang wajib dicoba ketika mengunjungi kota Medan. Banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi kota tersebut.Terutama berkaitan dengan pariwisatanya. Banyak tempat yang indah yang bisa kamu kunjungi di Medan. Selain itu, ada festival Gelar Melayu Serumpun (GEMES) yang memiliki atraksi wisata seni dan budaya terbaik di Kota Medan yang sayang untuk dilewatkan.

Latar Belakang Gelar Melayu Serumpun

Gelar Melayu Serumpun (GEMES) telah digelar sejak tahun 2016 dan rutin digelar oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan. Acara ini telah secara resmi ditetapkan menjadi salah satu dari 100 atraksi wisata terbaik dan masuk Calendar of Events Indonesia 2022 oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Penyelenggaraan GEMES tidak hanya bertujuan melestarikan seni dan budaya Melayu saja, tetapi juga merupakan branding Kota Medan. Selain itu, gelaran ini bertujuan sebagai upaya menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi ibukota Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Siapa Saja yang Menjadi Bagian dari GEMES?

Selain warga Medan dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Ternyata ada beberapa negara lain yang juga menjadi bagian dari acara penyelenggaraan Gelar Melayu Serumpun ini. Tercatat  pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya 5 negara serumpun seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Thailand  juga turut hadir memeriahkan event tersebut.  Dan 10 provinsi di Indonesia selalu menjadi  bagian tetap dari event ini juga.

Apa saja Rangkaian Event di  Gelar Melayu Serumpun?

Rangkaian acara yang wajib ada dalam rangkaian GEMES adalah tarian kolosal, dendang Melayu, tarian Melayu khas masing-masing daerah dan negara tetangga. Biasanya sebagai acara pamungkas juga akan didatangkan artis-artis ibu kota sebagai bintang tamunya.

Acara yang dihelat di Kota Medan ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara yang akan meningkatan pendapatan daerah serta masyarakat.

Makna Event Gelar Melayu Serumpun

Event ini memiliki makna cukup penting, selain bertukar informasi tentang pembinaan dan pengembangan antar wilayah dan antar negara, juga sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan menumbuhkembangkan apresiasi terhadap seni di kalangan masyarakat sebagai filter masuknya budaya asing,

Akulturasi budaya asing tidak dapat dipungkiri telah menyentuh sebagian masyarakat. Untuk itu melalui kesenian, akulturasi tersebut dapat difilter sehingga menunjukkan jati diri bangsa melalui pertunjukkan seni yang edukatif.

Kapan Gelar Melayu Serumpun 2022 digelar?

Pada tahun 2022 ini, acara GEMES akan dilaksanakan pada bulan November tanggal 4- 6 November. Acara akan dilaksanakan secara daring dan luring mengingat situasi pandemi di Indonesia sudah mulai membaik.  Acara GEMES 2022 akan diadakan di Istana Maimun sebagai ikon kota Medan. Tentunya acara akan diselenggarakan dengan mengikuti anjuran protokol kesehatan. Serta diharapkan para peserta yang hadir dalam keadaan sehat.

Acara Gelar Melayu Serumpun 2022 yang bertema “Tak ‘kan Melayu Hilang di Bumi” ini diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi seluruh etnis Melayu dari berbagai wilayah dan berbagai negara.

Yang Perlu Dipersiapkan untuk Menghadiri GEMES

Akomodasi atau hotel sebagai tempat menginap adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan saat menghadiri GEMES 2022. Kamu bisa memilih banyak jenis hotel yang ada di Kota Medan.

Kamu yang berjiwa petualang, tentu saja bisa menginap di hotel Backpacker atau kapsul, yang terjangkau dan aman di kantong. Bagi yang suka dengan kenyamanan, menginap di hotel berbintang juga banyak tersedia di pusat kota Medan.

Pastikan kamu sudah melakukan pemesanan jauh-jauh hari, sehingga kamu sudah memiliki tempat yang nyaman  saat event berlangsung.

Kuliner Medan yang Bisa Kamu Nikmati di Gelar Serumpun Melayu

Medan adalah kota ketiga terbesar di Indonesia setelah Surabaya dan juga Jakarta. Perlu diketahui bahwa Medan adalah kota multi etnis yang mana penduduknya terdiri dari orang-orang yang memiliki latar belakang budaya dan juga agama yang berbeda-beda. Oleh karena banyaknya ragam budaya di Medan, maka kuliner Medan pun memiliki variasi menu dan sajian yang bermacam macam pula. Saat menghadiri Gelar Serumpun Melayu kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Medan di stand yang telah disediakan maupun di restaurant terdekat

Ada beberapa jenis makanan khas yang wajib kamu coba diantaranya:

  • Sate Memeng

Ternyata Medan juga memiliki makanan yang berupa sate yang diberi nama sate memeng. Ini adalah sajian kuliner yang disajikan dengan potongan lontong, sate dan saus kacang.

  • Soto Kesawang

Di Medan terdapat soto kesawang yang merupakan rekomendasi untuk para wisatawan. Soto Kesawang ialah kuliner malam yang sangat wajib untuk dicicipi. Untuk kamu yang ingin kesini kamu bisa datang pada jam 08.00 hingga 14.00.

  • Mie Gomak

Ini adalah sebutan lain dari spaghetti ala orang Medan. Makanan yang satu ini berasal dari wilayah Balige danau toba. Dan ini menjadi sajian makanan yang khas yang wajib untuk dicoba. Mie Gomak memiliki rasa yang cukup istimewa dan memiliki bumbu-bumbu yang sedap.

  • Mie Balap Medan

Mie Balap Medan selain memiliki nama yang unik namun juga memiliki rasa yang enak, Mie balap diberi nama seperti ini karena bermula dari kecepatan penjual dalam membuat dan menyajikan mie kepada para pelanggan. Mie balap ini terkenal dan juga menjadi favorit bagi warga Medan. Mie balap adalah mie yang dipadukan dengan bumbu dan cara memasak yang membuat rasanya enak dan pas di lidah, tidak terlalu berminyak dan juga tidak kering.

Demikianlah ulasan tentang Gelar Melayu Serumpun yang akan diselenggarakan di Medan pada bulan November 2022 dan juga inspirasi kuliner yang bisa kamu cicipi selama di sana.

Jangan lupa, masih banyak gelaran event menarik lainnya di Indonesia. Kamu cukup mengunjungi website Karisma Event Nusantara untuk mengetahui jadwalnya dan rencanakan kegiatan wisatamu lebih baik sebelum tahun 2022 berakhir. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *